7 Hal Ini Penyebab Laptop Cepat Rusak Dan Sering Dilakukan Orang - Intech Journal

7 Hal Ini Penyebab Laptop Cepat Rusak Dan Sering Dilakukan Orang

Seringkali kejadian-kejadian sepele menjadi penyebab laptop cepat rusak, namun luput dari perhatian banyak orang. Agar laptop tidak cepat rusak pengguna dapat memperhatikan beberapa hal penting untuk tidak dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang sering dilakukan pengguna penyebab laptop cepat rusak.

7 Hal Ini Penyebab Laptop Cepat Rusak Dan Sering Dilakukan Orang

Tidak mencabut charger ketika baterai laptop sudah penuh

Ketika menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama jarang sekali pengguna mencabut charger ketika baterai sudah terisi penuh. Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop cepat bocor, sehingga tidak dapat menyimpan daya lagi.

Tips:
Disarankan jika menggunakan laptopdalam jangka waktu yang lama untu mengisi baterai hingga penuh lebih dahulu. Lalu, jika baterai sudah terisi penuh, cabut charger dan lakukan pengisian ulang baterai jika sisa daya baterai tinggal sedikit. Dan saat menggunakan laptop jangan menunggu daya baterai kosong atau 0 persen.

Menggunakan laptop tanpa baterai

Sering kita jumpai pengguna yang menggunakan laptop tanpa baterai. Terutama sekali bagi pengguna yang baterai laptopnya sudah tidak berfungsi. Hal ini sangat berbahaya bagi hard drive karena ketika lampu mendadak mati maka laptop juga akan ikut padam. Di mana kejadian seperti ini dapat menyebabkan crash pada hard drive. Dan resiko kehilangan data sangat besar.

Tips:
Hindari memakai laptop tanpa baterai. Ada laptop yang baterainya dapat dicabut. Gunakanlah laptop dengan baterai terisi penuh dan tanpa charger.

Mematikan laptop tanpa shutdown.

Hal ini juga sering kita jumpai. Ada laptop yang dapat dipadamkan melalui proses sleep, namun jarang sekali pengguna memanfaatkan fitur ini. Pengguna lebih senang menekan tombol power selama beberapa detik untuk mematikan laptop mereka secara paksa, atau langsung melipat layar laptop untuk mematikan laptop sementara. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menciptakan crash pada perangkat.

Tips:
Hindari mematikan laptop tanpa melalui proses shutdown. Jika Anda bermaksud mematikan sementara tanpa menutup seluruh layar kerja, disarankan menggunakan fitur Sleep.

Memindahkan posisi laptop dalam keadaan menyala.

Memindahkan lapop dalam keadaan menyala dapat menyebabkan guncangan pada seluruh perangkat laptop. Karena laptop yang masih menyala atau belum dishutdown, semua perangkatnya masih dalam keadaan aktif. Piringan harddisk masih berputar, di mana jika terjadi guncangan tiba-tiba akan menyebabkan head pada hardisk menggores bagian silinder.

Tips:
Hindari guncangan atau memindahkan laptop dalam keadaan menyala. Shutdown lebih dulu jika ingin memindahkan laptop.

Menaruh benda berat di atas laptop

Menaruh beban berat yang menimpa cover laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layar monitor laptop. Sedapat mungkin hindari menaruh apa pun di atas laptop. Usahakan agar benda yang berat tidak menindih laptop.

Meletakkan laptop di atas kasur atau tempat berdebu.

Meletakkan laptop yang sedang menyala di atas kasur atau tempat-tmpat berdebu dapat menyebabkan laptop menyedot debu ke dalam komponen-komponen perangkat. Hal ini karena setiap laptop sudah dibekali kipas untuk mendinginkan komponen-komponen di dalam laptop. Kipas pendingin laptop ini akan menyedot debu-debu di sekitarnya dan menempel pada komponen-komponen laptop, menyebabkan laptop cepat panas dan kinerjanya pun melambat.

Tips:
Sebaiknya pengguna menghindari meletakkan laptop menyala di atas kasur atau tempat yang mudah berdebu. Sebab, laptop umumnya dilengkapi kipas pendingin yang posisinya berada di bawah. Bila kipas pendingin tidak bisa mendinginkan laptop karena dipakai di bidang yang tidak datar, maka laptop bisa mengalami overheat atau cepat panas.

Bermain Game

Ada laptop yang didesain khusus untuk bermain game. Namun ada juga yang dirancang untuk umum dan bukan untuk bermain game. Namun kadangkala pengguna memanfaatkannya untuk bermain game. Bermain game dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan komponen laptop overhead yang berefek kepada kebocoran baterai laptop dan kinerja laptop menjadi lamban.

Tips:
Jangan gunakan laptop untuk bermain game. Jika Anda ingin bermain game dalam jangka waktu lama disarankan untuk menggunakan laptop yang khusus dirancang untuk Game.

Meletakkan minuman di samping laptop.

Hampir semua pengguna laptop bekerja dengan meletakkan minuman di samping laptop. Hal ini sangat berbahaya di mana apa bila wadah tempat minuman tersebut tersenggol dapat menyebabkan air tumpah ke atas laptop. Hal ini sangat berbahaya bagi komponen-komponen laptop di dalamnya.

Tips:
Bila laptop terlanjur kena benda cair, segera matikan laptop, cabut baterai lalu keringkan hingga benar-benar kering. Lalu coba hidupkan kembali. Jika laptop tidak mau hidup kemungkinan ada komponen laptop yang masih basah atau ada komponen yang terbakar.

Sering sekali kejadian-kejadian sepele seperti di atas luput dari perhatian pengguna. Padahal 7 hal di atas itu adalah penyebab utama laptop cepat rusak. Untuk menjaga agar laptop awet, sebaiknya pengguna selau memperhatikan hal-hal yang dapat membahayaan umur laptop. Bukankah mencegah itu lebih baik dari beli baru?
Diberdayakan oleh Blogger.