Cara Menggunakan Video Call di WhatsApp - Intech Journal

Cara Menggunakan Video Call di WhatsApp

Terhitung Rabu (16/11/2016) kemarin, fitur panggilan video (video call) di WhatsApp sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia. Video WhatsApp ini tersedia dalam dua versi, Android dan IOS. Bagi Anda pengguna WhatsApp di Indonesia sudah dapat menggunakan fitur ini. Dalam tutorial ini kita akan bahas cara menggunakan video call WhatsApp secara ringkas.

Cara Menggunakan Video Call di WhatsApp


Namun sebelum menggunakan panggilan video setiap pengguna harus memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru lebih dahulu. Kalau belum, WhatsApp akan menampilkan pesan kesalahan memberitahu bahwa pengguna belum memperbarui aplikasi.

Sementara itu pembaruan WhatsApp versi 2.16.17 untuk fitur video call tersebut sudah dapat diperoleh oleh pengguna iOS. Sedangkan fitur panggilan video utuk pengguna Android akan diperoleh melalui WhatsApp versi 2.16.352.

Cara menggunakan panggilan video WhatsApp adalah sebagai berikut:

#1.Update WhatsApp ke versi terbaru

#2. Dari daftar kontak pilih kontak yang diinginkan. Kemudian di pojok kanan atas layar percakapan Anda akan melihat menu untuk melakukan video call voice atau voice call.

Tampilan dari desain panggilan video antara WhatsApp versi Android dan iOS terlihat agak sedikit berbeda, namun keduanya tetap memiliki desain sederhana.



Cara Menggunakan Video Call di WhatsApp

#3. Untuk pengguna Android, tekan tombol ikon telepon di pojok kanan atas nama kontak. Selanjutnya akan tampil pilihan Voice call dan Video call. Pengguna tinggal memilih dengan menekan salah satu. Dalam hal ini tekan Video call.

Cara Menggunakan Video Call di WhatsApp

Di iOS Anda akan melihat dua ikon tersedia di pojok kanan atas nama kontak. Yang pertama ikon video dan yang kedua adalah ikon gagang telepon. Pengguna tinggal menekan ikan video untuk melakukan panggilan video. Untuk melakukan voice call tekan ikon gagang telepon.

Panggilan video WhatsApp tidak mendukung percakapan dengan lebih dua orang ataupun percakapan grup sebagaimana layaknya conference call di Skype.

Namun demikian panggilan video WhatsApp memiliki kualitas gambar dan suara cukup baik. Dalam hal ini sangat tergantung dari kualitas koneksi data yang dimiliki.

Sebenarnya Pengguna WhatsApp sudah lama menanti kehadiran fitur video call ini. Sebagaimana dikatakan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, pemilik induk perusahaan WhatsApp.

Zukerberg menambahkan "Permintaan teratas dari komunitas kami adalah video call dan panggilan suara telah berkembang dengan pesat"

Google Duo dan Skype yang lebih dahulu eksis akan bersaing dengan fitur voice call baru dari WhatsApp ini. Bahkan beberapa aplikasi chating lainnya seperti WeChat dan Line juga telah memiliki fitur voice call

Bagi Anda yang belum memperbarui aplikasi WhatsApp dapat mengunduh versi terbarunya untuk iOS di App Store melalui tautan ini.

Dan untuk versi Android bisa diunduh di Play Store pada tautan berikut ini.

Langkah-langkah menggunakan fitur video call WhatsApp:
  1. Perbarui WhatsApp ke versi terbaru
  2. Dari daftar kontak pilih kontak yang diinginkan
  3. Di pojok kanan atas tekan tombol video call/voice call
  4. Menu baru akan muncul untuk memilih voice call atau video call (bagi pengguna Android)
WhatsApp versi terbaru untuk iOS bisa diunduh di App Store melalui tautan berikut. Sementara itu, versi Android bisa diunduh melalui Play Store di tautan yang satu ini.

Versi iOS dan Android

Saat ini apikasi WhatsApp memang masih dapat dijalankan diversi iOS dan Android lawas. Untuk pengguna iOS, aplikasi WhatsApp bisa digunakan dengan iOS versi 6.0 ke atas. Sedangkan untuk menjalankan WhatsApp di OS Android versi Android minimal adalah versi 2.1 "Eclair" atau yang lebih baru.

Walau demikian untuk menikmati fitur video call, WhatsApp menyarankan untuk menggunakan iPhone dengan iOS 8 ke atas. Dan untuk Android sendiri WhatsApp menyarankan penggunaan video callnya di versi Anroid 4,1 "Jelly Bean" atau yang lebih baru. (Kompas Tekno)
Diberdayakan oleh Blogger.