Tips Perawatan Laptop Agar Tidak Lemot - Intech Journal

Tips Perawatan Laptop Agar Tidak Lemot

Kecepatan laptop sangat mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam melakukan aktivitas kerja. Apa lagi mereka yang bekerja dengan mobilitas tinggi. Namun jika laptop kesayangan mulai terasa lambat ketika digunakan apa yang harus dilakukan? Nah dalam artikel ini akan dijelaskan tips perawatan laptop agar saat digunakan terasa nyaman dan betah menyelesaikan tugas-tugas.

Tips Perawatan Laptop Agar Tidak Lemot

Bagi mereka pengguna berpengalaman mungkin saja tidak menjadi masalah, karena mereka dapat mengatasi sendiri masalah ini. Namun lain halnya bagi mereka pengguna awam, turunnya kinerja laptop dapat menjadi masalah besar dan tidaklah gampang untuk dihadapi.

Berikut 3 tips perawatan laptop agar kecepatannya meningkat:

1. Jangan Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang dibuka dalam waktu bersamaan adalah salah satu penyebab lambatnya laptop. Sebaiknya menutup aplikasi yang digunakan ketika Anda tidak membutuhkan lagi, ataupun pekerjaan sudah selesai dikerjakan. Jika berselancar di internet cukup membuka 2 - 3 tab saja. Yang lain sebaiknya ditutup saja jika sudah tidak diperlukan lagi.

Untuk melihat daftar program apa saja yang sedang berjalan dan memakan banyak RAM, dapat dilihat melalui Task Manager. Untuk melihatnya kamu dapat membuka Task Manager dan lihat tab Process. Di sana akan terlihat daftar aplikasi dan software yang sedang berjalan.

2. Hapus Data dan Program Menumpuk

Semakin lama menggunakan laptop semakin banyak data dan software yang tersimpan di dalam hard drive. Dan ini juga menjadi sebab kecepatan laptop menurun. Ini disebabkan karena beban kerja hard drive dalam mencari dan membaca data yang dibutuhkan akan semakin berat. Oleh karena itu rajin-rajinlah menghapus data dan program-program yang tidak dibutuhkan lagi.

3. Tingkatkan atau Ganti Hard Drive

Langkah pertama yang harus diambil dalam hal ini adalah mengetahui jenis hard drive yang digunakan. Dan jika ternyata kamu masih menggunakan had drive model lama yakni HDD (Hard Disk Drive) maka dianjurkan untuk mengganti hard drive ke jenis SDD (Solid State Drive) yang punya kemampuan lebih cepat dan tahan lama ketimbang HDD.

HDD sendiri memiliki beberapa kelemahan yang dapat mempengaruhi kinerja laptop misalnya proses membaca dan peyimpanan data yang membutuhkan waktu dan daya lebih besar. Dan HDD sangat rentan dengan benturan.

Selain cara-cara di atas tentu masih banyak tips perawatan laptop yang baik tergantung bagaimana kasus yang sedang dihadapi. Namun setidaknya tips perawatan laptop di atas sudah memadai untuk meningkatkan kinerja laptop yang lemot.

Diberdayakan oleh Blogger.