Merk Laptop Terbaik Paling Laris 2016 di Indonesia - Intech Journal

Merk Laptop Terbaik Paling Laris 2016 di Indonesia

Merk Laptop Terbaik Paling Laris 2016 di pasar laptop Indonesia saat ini masih dikuasai Asus. Setidaknya demikian klaim Asus yang mengumumkan kuasai 68% pasar Indonesia, Jakarta, Selasa, 09/12/2016.

Merk Laptop Asus

Melansir bisnis.com, 09/12/2016, Merk laptop terbaik paling laris 2016 di Indonesia masih dikuasai Asus, hal in terungkap dari klaim Asus yang mengumumkan kuasai 68% pasar Indonesia.

Lihat Penjualan Notebook Gaming‎: Asus Klaim Kuasai 68% Marketshare

Merk Laptop Terbaik Paling Laris 2016 di Indonesia
Asus EeeBook E202 [ bisnis.com ]

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan penjualan notebook gaming Asus yang meningkat sekitar 5% sepanjang tahun ini.

"Pasar notebook gaming dinilai masih sangat menggiurkan pada tahun depan. Pasalnya, komunitas dan perlombaan game online dewasa ini semakin banyak, sehingga potensi penjualan notebook gaming diprediksi akan meningkat pada 2017.", ungkap Juliana Cen, Country Product Leader Asus.

"‎Kalau saya melihatnya, tren notebook gaming ini pasti akan semakin meningkat penjualannya di tahun depan, soalnya komunitas gamer semakin hari semakin bertambah," tuturnya di Jakarta, Kamis (8/12).

Merk Laptop Acer

Bagaimana dengan merk laptop Acer? Apakah masih menyandang merk laptop terbaik?

Acer sendiri juga mengumumkan klaim mereka kuasai pangsa pasar Indonesia untuk kategori laptop "2-in-1".

Melansir Kompas.com, Selasa, 13/12/2016,  perangkat laptop 2-in-1 yang mampu berubah dari laptop menjadi tablet bakal digandrungi di masa depan. Itulah prediksi Acer, vendor komputer yang belakangan gencar merilis produk dari kategori tersebut.

Head of Consumer Product, Product Marketing Development Acer Indonesia, Dianah (kiri), dan Presales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, berfoto usai acar hands-on laptop 2-in-1 Acer Switch Alpha 12 di Jakarta, Kamis (11/8/2016). [ Kompas.com ]

Pabrikan asal Taiwan ini pun mengklaim telah menguasai pasaran laptop 2-in-1 di Indonesia dengan pangsa pasar terbesar.

Lihat Acer Klaim Kuasai Pasar Laptop “2-in-1” Indonesia

“Untuk laptop 2-in-1, market share kami di Indonesia mencapai 80 persen. Itu menurut data (firma riset pasar) IDC untuk kuartal pertama 2016,” ujar Head of Consumer Product, Product Marketing Development Acer Indonesia, Dianah, di sela-sela sesi hands-on laptop Acer Switch Alpha 12 di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Namun sayangnya Acer tidak merinci berapa persisnya volume penjualan perangkat laptop 2-in-1 Acer di Indonesia.

Menurut Dianah, kunci kesuksesan Acer terletak pada penyediaan perangkat 2-in-1 di berbagai segmen harga untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam.

Acer menawarkan laptop 2-in-1 mulai kelas budget seperti seri Acer One 10 hingga kelas premium seperti Switch Alpha 12 dengan banderol harga Rp 20 jutaan yang dipamerkan dalam kesempatan di hari itu.

Ke depan, Dianah mengatakan Acer akan fokus mendorong penjualan laptop 2-in-1 di Indonesia. Selain itu, vendor tersebut memiliki andalan lain berupa komputer dan laptop gaming dari seri Predator.

“Kami sudah buka toko khusus Predator di Mall Mangga Dua. Tapi komputer gaming itu segmennya niche sehingga tidak Apple-to-Apple jika dibandingkan penjualannya dengan produk lain,” pungkas Dianah.

Merk Laptop Lenovo

Menariknya Desember 2016 lalu Lenovo juga mengklaim kuasai 29,2% pangsa pasar laptop Indonesia untuk kuartal pertama 2016.


Mengutip data firma riset pasar IDC untuk kuartal pertama 2016. ”Untuk kami, kuartal itu berakhir Juni, se­mentara data kuartal kedua belum masuk. Angka tersebut berlaku untuk keseluruhan produk PC (desktop dan no­tebook) commercial (PC bisnis) dan consumer,” ujar SMB and Large Enterprise Lead lenovo Indonesia Irene Santosa.

Khusus pasaran PC untuk bisnis Skala Kecil dan Men­engah (SMB) di Indonesia, Irene mengatakan, pihaknya sudah memimpin pasar se­lama 12 kuartal secara ber­turut-turut.

Dari segi jenis produk, Irene menyebutkan sebagian besar penjualan PC Lenovo dis­umbang perangkat jenis lap­top dengan kontribusi sekitar 60 persen. Sisanya 40 persen datang dari desktop.

Adapun produk-produk PC bisnis (commercial) Lenovo baru menyumbang sekitar 30 persen dari total penjualan PC desktop dan notebook. ”Segmen PC consumer kon­tribusinya kurang lebih 70 persen,” katanya. Menurut Irene, pasaran PC bisnis tak terlalu terpengaruh oleh boo­ming smartphone. Sebab, pelanggan PC bisnis biasanya memakai perangkat tersebut sebagai alat kerja untuk ke­butuhan profesional.

”Soal ease of use dalam hal ini jelas lebih gampang di PC daripada smartphone. Apal­agi kalau sudah berurusan dengan software office atau membikin presentasi. Kami memposisikan smartphone sebagai pelengkap,” lanjutnya.

Sekadar diketahui, Lenovo memiliki jajaran produk smart­phone yang populer di Tanah Air. Tapi, Irene mengatakan bahwa fokus bisnis utama pabrikan dari China itu tetap berkisar di PC.

”Kami percaya PC akan terus hidup. Core business kami di PC. Karena itu PC akan selalu kami ’protect’, sementara di segmen smartphone yang masih terus dikembangkan, kami mengambil sikap ’attack’,” pungkasnya.

Kesimpulan

Ketiga merk laptop tersebut di atas merupakan merk laptop terbaik papan atas di pangsa pasar laptop Indonesia saat ini. Sangat sulit memprediksi salah satu merk laptop terbaik tahun 2016 dari ketiga merk laptop tersebut. Namun dari sisi penjualan kelihatannya Asus menempati peringkat pertama merk laptop terbaik paling laris 2016 di Indonesia. Hal ini terlihat dari klaim Asus yang kuasai 68% pangsa pasar laptop gaming di tanah air.

LIHAT JUGA BEREDAR SAMSUNG S8 DALAM BENTUK RENDER

Diberdayakan oleh Blogger.