Review Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE - Intech Journal

Review Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE

Wireless Range Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE dapat meningkatkan sinyal wireless ke daerah di mana sebelumnya tidak terjangkau atau sulit dijangkau menggunakan kabel.

Perangkat berukuran mini dengan desain khusus untuk dinding membuatnya mudah untuk menyebarkan Wi-Fi dan mudah dipindahkan.

Review Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE

Soket tambahan dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan perangkat elektronik lain (teknologi AC Passthrough)  memastikan bahwa tidak ada outlet listrik terbuang

2 antena eksternal 3dbi dapat diputar 180 derajat menyediakan cakupan Wi-Fi dengan sangat baik serta handal.

Anda dapat dengan mudah memperluas jangkauan sinyal wireless hanya dengan menekan tombol Range Extender.

Disamping kedua fitur tersebut perangkat range extender TL-WA860RE juga memiliki tombol ON/OFF yang tidak ada pada perangkat range extender TP-LINK lainnya.

Dengan tersedianya tombol ini perangkat dapat direstart atau bahkan untuk menonaktifkan perangkat Anda tidak harus mencabut perangkat dari outlet listrik.

Perangkat lain yang tersambung ke aliran listrik melalui outlet Pass through TL-WA860RE juga tetap bisa menerima aliran listrik selama perangkat TL-WA860RE dinonaktifkan.

Review Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE

Satu buah port LAN berjenis fast ethernet juga bisa digunakan untuk memberikan akses internet pada perangkat yang tidak memiliki fitur wireless, terintegrasi menjadikan penggunaan perangkat wireless range extender TL-WA860RE menjadi lebih flexible.

Teknologi terbaru 802.11b/g/n backward compatible membuat perangkat ini dapat digunakan untuk memperkuat jangkauan dan kekuatan signal wireless dari berbagai perangkat pemancar signal wireless lain yang mempergunakan teknologi serupa.

Kemasan perangkat serta paket penjualan yang disertakan tergolong standar. hanya berisi satu buah unit TL-WA860RE, buku panduan konfigurasi,GNU License notice dan sebuah kabel LAN tersedia dan dapat digunakan untuk membantu konfigurasi perangkat.

Pada panduan konfigurasi cepat yang disertakan, Anda dapat memilih dua metode konfigurasi yaitu penggunaan tombol WPS serta konfigurasi manual perangkat melalui web management page.

Dalam hal ini kita akan mencoba metode pertama terlebih dahulu yaitu konfigurasi perangkat mempergunakan tombol WPS.

Dalam ulasan artikel ini perangkat yang kita gunakan adalah 3G wireless router TL-MR3420 V.2 dengan firmware terbaru sebagai sumber signal wireless.

Tekan tombol WPS yang terletak pada bagian belakang perangkat 3G wireless router TL-MR3420 V.2 selama 3 detik diikuti dengan menekan tombol WPS yang ada dibagian samping perangkat TL-WA860RE secara otomatis menghubungkan kedua perangkat tanpa kendala.

Perlu diperhatikan sebelum mencoba menghubungkan kedua perangkat mempergunakan fitur ini pastikan kedua perangkat mendukung fitur WPS one button connection dan fitur tersebut sudah aktif.

Untuk metode kedua seperti biasa saya hanya perlu mengakses halaman web management page perangkat TL-WA860RE melalui web browser dengan mengetikkan IP address default perangkat 192.168.0.1 atau login menggunakan domain name http://tplinkxtender.net/ http://tplinkrepeater.net.

Sebelum dapat mengakses berbagai menu yang disediakan anda terlebih dahulu diminta untuk melakukan login authentification. Gunakan username dan password default yaitu admin.

Selanjutnya tahapan demi tahapan dapat dilakukan dengan menekan tombol Next yang ada dibagian bawah halaman quick setup wizard. informasi yang disertakan juga sangat jelas sehingga kita tidak akan menemukan banyak kendala pada saat proses konfigurasi.

Hal penting yang harus diperhatikan ialah parameter jaringan wireless yang dipilih dan diisikan pada perangkat TL-WA860RE harus identik dengan parameter jaringan wireless yang digunakan pada router utama atau sumber signal wireless.

Beli Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE

Konfigurasi Wireless Extender 300Mbps TP-LINK seri TL-WA860RE

1. tahap pertama anda akan diminta untuk memilih region yang digunakan (pastikan region yang dipilih sama dengan region yang digunakan oleh wireless AP / router yang signalnya akan diperkuat).



2. selanjutnya perangkat akan melakukan scanning terhadap seluruh jaringan wireless disekitar yang mempergunakan wireless region yang sama.



3. hasil pencarian akan ditampilkan pada halaman, silahkan pilih SSID yang hendak diperkuat dari list tersebut.


4. hasil pencarian akan ditampilkan pada halaman, silahkan pilih SSID yang hendak diperkuat dari list tersebut.


5. review seluruh pengaturan yang telah dibuat apabila terdapat kesalahan silahkan klik tombol back, apabila sudah sesuai silahkan klik tombol finish untuk menyimpang pengaturan.




Setelah perangkat tersambung kini saatnya kita uji apakah perangkat benar-benar bekerja. Pada test kali ini karena keterbatasan maka saya hanya mempergunakan sebuah perangkat android dengan bantuan software "Wifi Analyzer"

Pertama-tama saya pindah kelokasi dimana signal wireless turun menjadi -75dBm ~ -80dBm 



Selanjutnya pada lokasi tersebut saya tambahkan perangkat wireless range extender TL-WA860RE yang sebelumnya sudah dikonfigurasi.




dapat dilihat signal wireless yang tadinya sangat lemah sekarang sudah diperkuat oleh perangkat tersebut.

Jadi kesimpulannya perangkat wireless range extender TL-WA860RE bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna yaitu memperkuat signal wireless dari base AP. one signal Led indicator yang diadopsi juga sangat mudah dan membantu untuk menentukan lokasi yang strategis bagi penempatan unit.

Semoga preview ini dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang sedang mencari solusi mudah bagi masalah coverage area jaringan wirelessnya.

Pros

- AC Passthorugh socket
- LAN port
- 2*3 dBi external antennas
- Latest 802.11n 300Mbps passthough
- Easy to setup thanks to easy to follow QIG step.
- ON/OFF button

Cons

- LAN port only fast ethernet
Sumber: Kaskus 

Diberdayakan oleh Blogger.