Begini Cara Jitu Nge-Charge Smartphone Dengan Cepat - Intech Journal

Begini Cara Jitu Nge-Charge Smartphone Dengan Cepat

Banyaknya aktivtas menggunakan ponsel dapat menyebabkan baterai cepat habis. Kadang dalam waktu bersamaan ponsel digunakan untuk berbagai aktivitas seperti mengecek e-mail, membaca berita, memotret, hingga aktivitas dengan berbagai media sosial dan pesan instan. Otomatis dengan banyaknya fungsi yang dimiliki smartphone menjadi kendala tersendiri untuk umur baterai. Oleh karenanya dibutuhkan cara jitu nge-charge smartphone dengan cepat.

Begini Cara Jitu Nge-Charge Smartphone Dengan Cepat

Rata-rata smartphone saat ini memiliki waktu pakai 4-5 jam jika digunakan secara intens. Tentunya waktu tersebut tidak cukup untuk menemani aktivitas penggunanya seharian. Berikut beberapa tips meng-charge smartphone yang baik dan benar agar baterai bisa berumur panjang.

Tetap tenang dan tak perlu cemas karena Anda selalu punya senjata ampuhnya ialah powerbank. Powerbank memang memilliki kelebihan bisa melakukan charge baterai dimanapun dan kapanpun pada saat Anda tidak menemukan adanya aliran listrik, hanya dengan mengandalkan charge menggunakan powerbank lah smartphone Anda akan tetap bisa on.

Namun, tahukah Anda jika pemakaian powerbank yang terlalu sering dapat menimbulkan berbagai masalah. Mengapa? Karena jika smartphone Anda sering dicharge menggunakan powerbank itu akan terkena dampak seperti, baterai bocor yang bisa membuat smartphone Anda cepat rusak, baterai smartphone cepat panas saat dicharge, bisa merusak kartu SIM, dan paling fatalnya bisa saja smartphone Anda menjadi meledak atau terbakar.

Tidak ingin kan smartphone Anda menjadi cepat rusak lantaran cara pengisian baterai yang Anda lakukan kurang tepat, nah, lalu bagaimana caranya agar bisa mengisi daya baterai dengan cepat disaat lowbat?

Jangan panik, begini cara jitu nge-charge smartphone dengan cepat:

1. Jangan "di-charge" semalaman

Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger semalaman sambil ditinggal tidur juga ternyata tidak baik. Walau beberapa charger bisa memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen, membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terisi juga tidak baik.

Mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik untuk kesehatan baterai dibanding dibiarkan dalam kondisi nol persen atau 100 persen secara terus-menerus.

Baterai litium juga rawan jika dibiarkan sering kehabisan daya sebab baterai tersebut juga memiliki komponen yang bisa digunakan untuk merusak baterai sendiri untuk mencegah agar baterai tidak meledak. Walau tidak terjadi tiap hari, pengguna wajib waspada.

2 Hindari tempat yang panas

Hindarkan smartphone dari tempat-tempat yang panas, misalnya di dashboard mobil di bawah kaca depan mobil, walau smartphone dalam keadaan mati sekali pun. Sebab, panas yang terpapar bisa merusak baterai.

Baterai litium idealnya disimpan dalam suhu 15 derajat celsius. Suhu ekstrem yang bisa ditangani adalah antara minus 40 hingga 50 derajat celsius.

3. Langsung ke soket listrik

Menghubungkan baterai dengan charger melalui soket listrik adalah cara yang paling direkomendasikan. Walau saat ini diperkenalkan metode pengisian ulang baterai secara nirkabel, metode tersebut juga menghasilkan panas yang tidak baik untuk baterai.

Metode menghubungkan charger dengan soket listrik juga lebih cepat dan aman jika dibanding menghubungkan smartphone dengan USB komputer atau laptop menggunakan kabel data/charger.

4. Tidak Menggunakan Ponsel 

Anda harus membiasakan untuk tidak menggunakan ponsel saat baterai smartphone Anda dicharge. Sebaiknya juga biasakan mencharge baterai saat ponsel dalam keadaan mati. Jika Anda tetap mengaktifkan atau sambil digunakan ini bisa berakibat pengisian ulang daya baterai bisa menjadi lebih lama dan smartphone bisa menjadi lebih panas.

5. Pakailah Chargeran Asli

Saat chargeran asli mulai rusak atau mengalami kendala, tidak menutup kemungkinan Anda akan menggunakan charger yang ada dulu atau malah membeli terlebih dahulu charger yang tidak asli supaya tetap bisa mencharge dan berhemat pengeluaran. Ayo dipikir lagi lebih baik keluar uang untuk beli charger asli smartphone tetap aman atau keluar uang untuk membeli smartphone yang baru?

5. Gunakan Fitur Turbo Charging

Anda tidak suka menunggu lama saat mencharge? itu pertanda Anda memang membutuhkan smartphone yang memiliki fitur yang mampu mengisi ulang daya baterai dengan cepat. Alangkah baiknya, Anda memilih smartphone dengan fitur turbo charging agar baterai smartphone Anda bisa lebih awet dan tetap bisa memakai smartphone Anda tanpa harus menunggu lama.
Diberdayakan oleh Blogger.